Lompat ke konten

PASIS DIKREG KE-48 SESKO TNI MELAKSANAKAN KSLN

sesko20

sesko20

PENHUMAS-SESKO TNIKomandan Sesko TNI Marsekal Madya TNI Diyah Yudanardi membuka kegiatan Kajian Strategis Luar Negeri  (KSLN) Perwira Siswa (Pasis) Dikreg XLVIII Sesko TNI TA 2021 melalui video teleconference bertempat di Ruang Rapat pimpinan Sesko TNI Bandung, Rabu (11/8/2021).

 Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kajian Strategis Luar Negeri adalah kegiatan Kurikuler Pendidikan Reguler Sesko TNI yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa akan pentingnya membangun persepsi yang sama dengan Angkatan Bersenjata negara-negara di kawasan ASEAN guna meningkatkan rasa saling percaya serta untuk mengidentifikasi peluang kerja sama di bidang baru dalam rangka menciptakan stabilitas keamanan di kawasan regional maupun global.

 Perlu saya informasikan, bahwa Pendidikan Reguler ke-48 Sesko TNI TA 2021  dilaksanakan selama 7,5 bulan dan saat ini pendidikan sudah berjalan selama kurang lebih 6 bulan.  Jumlah Perwira Siswa secara keseluruhan sebanyak 200 orang,  terdiri  dari  165 orang perwira TNI berpangkat Kolonel, dengan komposisi dari TNI AD 75 orang, TNI AL 50 orang, TNI AU 40 orang, dan 31 orang perwira Polri berpangkat Komisaris Besar serta 4 orang Perwira Siswa negara sahabat berasal dari Malaysia, Madagaskar, Pakistan dan Singapura.

Pada pelaksanaan KSLN kali ini,  Sesko TNI menentukan tiga negara yaitu Malaysia, Philipina dan Thailand. Berdasarkan latar belakang yang baik,   melalui kegiatan KSLN ini saya berharap kerjasama khususnya di bidang Angkatan Bersenjata dapat lebih ditingkatkan. Di sisi lain,  Kajian Strategis ini diharapkan dapat membekali  para Perwira Siswa untuk  lebih meningkatkan pengetahuan dan memperluas  cakrawala  pandang mereka tentang organisasi Angkatan Bersenjata, pelibatan komponen cadangan dan komponen pendukung dalam penyelenggaraan pertahanan negara  Malaysia, Philipina dan Thailand, diplomasi militer  serta kerja sama militer di bidang latihan dan pendidikan.

 Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual, dihadiri oleh beberapa Pejabat dan narasumber serta pembimbing antara lain :  Wadan Sesko TNI Mayor Jenderal TNI Handy Geniardi, S.E.,M.M., para pejabat Sesko TNI, pejabat dan staf dari negara Thailand, Malaysia, Philipina dan para Patun/Dosen Sesko TNI serta Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI TA 2021.

Selanjutnya kegiatan Kajian Strategi Luar Negeri diakhiri dengan pemberian cenderamata.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi