Lompat ke konten

KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION DI SESKO TNI

Komandan Sesko TNI memimpin kegiatan Focus Group Discussion (FGD) TA 2022 bertempat di gedung Grha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung, Rabu (30/3/2022)
sesko20

sesko20

PENHUMAS-SESKO TNI.   Komandan Sesko TNI Marsekal Madya TNI Diyah Yudanardi memimpin kegiatan Focus Group Discussion (FGD) TA 2022, yang dihadiri pejabat Sesko TNI, pejabat Mabes TNI, pejabat Mabes Angkatan, para pejabat Kogawilhan I, II, III. Kegiatan dipandu oleh moderator Kolonel Laut (P) Donny Suharto, M.Tr. Opsla bertempat di gedung Grha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung, Rabu  (30/3/2022).

 Adapun tema kegiatan Focus Group Discussion (FGD) TA 2022 adalahParadigma Berfikir Pada Tataran Operasional Dari Perang”.

 Kegiatan diawali dengan sambutan Komandan Sesko TNI, beliau menyampaikan bahwa Sesko TNI  mendidik  para  Perwira TNI agar memiliki kompetensi sebagai perencana/perancang perang yang nantinya rencana/rancangan perang tersebut akan menjadi masukan bagi pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI berdasarkan ancaman yang sedang berkembang.  Perang telah menjadi suatu disiplin ilmu yang banyak dipelajari oleh para ilmuwan dan akademisi.  Tujuannya adalah agar dapat dimanfaatkan sebagai ilmu pengetahuan dalam membuat rencana dan konsep pertahanan negara.

Berdasarkan doktrin yang dianut,  beliau menyampaikan TNI memiliki pandangan bahwa perang dibagi atas empat strata perang.   Pertama strata Grand Strategi (Strategi Raya) di mana penentu dari strategi tersebut adalah Negara,  kedua adalah strata Strategi Militer sebagai  penentu adalah Kemenhan dan Mabes TNI, ketiga adalah strata Operasional sebagai penentu adalah Kotama Operasional TNI dan terakhir adalah strata Taktikal yang merupakan pelaksana dari seluruh strategi.   Sedangkan Sesko TNI membekali para siswanya agar memiliki kompetensi pada strata operasional karena strata operasional  merupakan penghubung antara strata strategis dengan strata taktikal, sehingga diharapkan para siswanya agar professional sebagai perencana dan perancang perang

Adapun narasumber yang mengisi kegiatan tersebut Marsdya TNI Donny Ermawan, T., M.D.S Sekjen Kemhan RI, beliau menyampaikan materi dengan judul Paradigma Berfikir Pada Tataran Operasional dan Kolonel Inf  Kurniawan, M.Mgt., M.MDS Paban I/Renprogar Ditum Sesko TNI, menyampaikan materi dengan judul Filosofi Pada Tataran Operasional Perang. Kegiatan diakhiri tanya jawab, pemberian  cinderamata dan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dilindungi