Sejarah | Latar Belakang

Home » Sejarah | Latar Belakang

Sejarah singkat Sesko TNI.

Edited By : Indra & Asep

 

1. Latar Belakang.

Pada tahun 1963, proses pembentukan Sesko Gabungan diprakarsai oleh Wakil Komandan Seskoad, Kolonel Soewarto. Urgensi pembentukannya dilandasi kebutuhan mendesak untuk mengintegrasikan visi perwira ABRI khususnya pada strata pendidikan Sesko, sebagai kelanjutan dari integrasi pendidikan yang telah dilaksanakan pada pendidikan Perwira di Akabri.

Disamping itu dimaksudkan pula untuk mencegah tumbuhnya rivalitas antar Angkatan sebagai akibat penyusupan ideologi komunis yang tidak relevan dengan Pancasila dan UUD 1945. Demikian  pula  dengan adanya  upaya PKI  yang  berusaha untuk memecah belah ABRI karena memang tidak ingin ABRI menjadi kuat.

Melalui wahana Sesko ABRI integrasi ABRI diharapkan  dapat dimantapkan kembali khususnya melalui pendidikan bagi perwira senior Angkatan / Polri.

2. Tahap Pembentukan.

ABRI sadar, bahwa integritas ABRI sangat menentukan integritas bangsa, dan integritas ABRI ini harus dimulai dari integritas para perwira dari semua Angkatan. Dalam rangka mewujudkan integritas ABRI tersebut ditempuh melalui pendidikan antara lain lembaga pendidikan tertinggi ABRI.

Pada tahun 1963, dibentuk Panitia afiliasi antar Sesko Angkatan, dengan tujuan merumuskan kesamaan visi dan persepsi yang berkaitan dengan operasi,  strategi dan politik. Hasil rumusan  panitia ini memberikan jaminan kesamaan visi dalam materi ajaran disemua Sesko Angkatan. Bulan Desember 1967,  Panitia Afiliasi  dikembangkan menjadi Dewan antar sesko dengan tugas luas yaitu mencegah infiltrasi politik oleh komunis, menciptakan kesamaan teknik perencanaan dan pengendalian operasi gabungan serta meningkatkan keterampilan para Perwira.

Kemudian tahun 1970, dibentuk Lemdikskogab sebagai wahana transisi pembentukan Sesko ABRI guna mendidik para Perwira ABRI lulusan Sesko Angkatan dan Polri, dalam rangka memberikan pengetahuan operasi gabungan.

3. Tahap pengintegrasian.

Realisasi integrasi 4 angkatan tersebut dilaksanakan pada tahun 1974 dengan membangun Markas Komando Seskogab yang membawahi :

  1. Sekolah Staff dan Komando Gabungan (Seskogab).
  2. Sekolah Staff dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).
  3. Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).
  4. Sekolah Staff dan Komando Angkatan Udara (Seskoau).
  5. Sekolah Staff dan Pimpinan Polri (Sespimpolri).

4.  Tahap Sesko ABRI

Tantangan perkembangan nasional semakin menuntut efektifitas dan efisiensi, untuk itu organisasi ABRI ditata kembali guna mengoptimalkan pelaksanaan misi sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan dan begitu juga sebagai kekuatan sosial politik. Pada tahun 1984, organisasi Sesko ABRI ditata sebagai berikut :

a. Mako Sesko ABRI dan Seskogab disatukan menjadi sebuah Lembaga  yang bernama Sesko ABRI dengan tugas antara lain :

  • Menyelenggarakan pendidikan karier tertinggi ABRI, yaitu Kursus Reguler Sesko ABRI, disamping juga menyelenggarakan Kursus Sosial Politik dan Kursus Tenaga Inti Sosial Politik ABRI.
  • Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan tentang doktrin sospol ABRI, strategi bidang pertahanan keamanan, doktrin operasi gabungan serta pendidikan dan latihan ABRI.
  • Mengkoordinasikan pendidikan Sesko Angkatan dan Sespimpol.

b. Sesko Angkatan dan Sespimpol dipisahkan dari Mako Sesko ABRI, selanjutnya kembali berada dibawah kendali masing-masing Angkatan. Struktur organisasi Sesko ABRI ini berlaku hingga tahun 1999 dan dengan penataan peran TNI serta kenutuhan tugas maka diadakan penyesuaian organisasi Sesko TNI sesuai Keputusan Menhankam / Panglima TNI Nomor : Kep/13/P/X/1999 tanggal 1 Oktober 1999.

5. Tahap Sesko TNI

Sebagai salah satu realisasi dari reformasi internal ABRI, berdasarkan Keputusan Menhankam Pangab nomor : Skep /259/P/IV/1999 tanggal 12 April 1999 tentang perubahan ABRI menjadi TNI dan pemisahan Polri dari TNI, maka diadakan penyesuaian atas sebutan lembaga pendidikan tertinggi TNI yaitu Sesko ABRI menjadi Sesko TNI. Disamping perubahan nama, juga terjadi perubahan pada tugas dan fungsi Sesko TNI, baik dibidang  pengkajian  dan  pengembangan doktrin maupun dalam penyelenggaraan pendidikan.

Sesuai peran terpadu TNI dalam Paradigma Baru Peran TNI, pengkajian dan pengembangan sosial politik TNI ditiadakan dan selanjutnya diganti dengan pengkajian dan pengembangan Doktrin TNI. Dibidang penyelenggaraan pendidikan, Sesko TNI tidak lagi membekalkan kemampuan sosial politik TNI kepada para peserta didik, hal ini tercermin dalam struktur kurikulum pendidikan Sesko TNI. Disamping itu dalam komposisi peserta didik, tidak terdapat lagi Perwira Siswa dari Polri, dan di lembaga Sesko TNI pun semua komposisi jabatan telah diisi oleh personel dari TNI, yaitu personel TNI dari matra darat, personel TNI dari matra laut dan personel TNI dari matra udara.

Visi dan Misi Sesko TNI.

  1. Visi : Sesko TNI Sebagai lembaga pendidikan tertinggi TNI mempunyai visi membentuk Perwira TNI yang handal, profesional dan proporsional.
  2. Misi : Misi Sesko TNI adalah bertugas sebagai penyelenggara pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI dan melaksanakan latihan operasi gabungan TNI.

Tugas pokok Sesko TNI.

Sebagai Badan Pelaksana Pusat Tentara Nasional Indonesia (Balakpus TNI) yang berada langsung dibawah kendali Mabes TNI, Sesko TNI bertugas menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI, pendidikan operasi gabungan di lingkungan TNI, pembinaan bidang manajemen, melaksanakan evaluasi dan pengembangan di bidang yang berkaitan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI, mengadakan kerjasama akademik dengan lembaga pendidikan militer dalam negeri maupun luar negeri serta perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Sesko TNI.

 

 

Gambar Struktur Organisasi Sesko TNI

 

Tugas-tugas Sesko TNI berdasarkan eselon dan jabatan.

1.       Eselon Pimpinan

a. Komandan Sesko TNI, di jabat oleh seorang Pati TNI bintang tiga, dengan tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Memberikan pertimbangan dan saran kepada Panglima TNI mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan bidangnya.
  • Menentukan kebijakan dan mengambil keputusan dalam rangka memimpin Sesko TNI.
  • Mengendalikan penyelenggaraan pendidikan pengembangan umum tertinggi dan pendidikan operasi gabungan TNI.
  • Mengendalikan penyelenggaraan evaluasi dan pengembangan sesuai fungsi Sesko TNI.
  • Mengoordinasikan pendidikan Integratif dengan Sesko Angkatan.
  • Mengendalikan penyelenggaraan latihan operasi gabungan Kotamaops TNI.
  • Menyelenggarakan kerjasama akademik dengan Perguruan Tinggi dan pembinaan bidang manajemen.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Panglima TNI

b. Wakil Komanadan Sesko TNI, di jabat oleh seorang Pati TNI bintang dua, sebagai pembantu utama Dansesko TNI dengan tugas dan kewajiban sebagai berikut:

  • Mengoordinasikan dan mengawasi segala kegiatan staf dan administrasi Sesko TNI.
  • Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Dansesko TNI untuk penentuan kebijaksanaan dan pengambilan keputusan.
  • Mengoordinasikan pelaksanaan operasaional pendidikan, pembinaan bidang manajemen, kerjasama akademik dengan pendidikan militer baik dalam negeri maupun luar negeri termasuk Perguruan Tinggi, serta menyelenggarakan latihan operasi gabungan Kotamaops TNI.
  • Mengendalikan hubungan kerja unsur-unsur Sesko TNI.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Dansesko TNI.
  • Mewakili Dansesko TNI apabila Dansesko TNI berhalangan.

2.       Eselon pembantu pimpinan

a. Dirmin Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati TNI berpangkat bintang satu, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya.
  • Mengkoordinasikan dan menyusun rencana, program dan anggaran.
  • Merencanakan dan melaksanakan pembinaan pengurusan administrasi yang meliputi personel, logistik dan keuangan.
  • Merencanakan dan menyelenggarakan dukungan logistik bagi penyelenggaraan segenap tugas/fungsi Sesko TNI.
  • Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan Urusan Dalam, perawatan dan pelayanan.

b. Dirdik Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati TNI bintang satu, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Merumuskan dan menyiapkan kebijakan Komandan Sesko TNI dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Menyelenggarakan operasional pendidikan Sesko TNI.
  • Mengkoordinasikan kurikulum dan kegiatan integratif dengan Sesko Angkatan.
  • Merumuskan prosedur tetap dan pengaturan khusus siswa guna menjamin tata tertib dan kelancaran pendidikan.
  • Menyelenggarakan penilaian sesuai dengan sistem penilaian terhadap peserta pendidikan.
  • Menyelenggarakan administrasi pendidikan dan administrasi personel pendidikan.

c. Dirbinjemen Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati TNI bintang satu, mempunyai Tugas dan Kewajiban sebagai berikut :

  • Dalam pembinaan bidang manajemen Dirbinjemen mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut:
  • Merencanakan dan menyusun kurikulum pendidikan Sesko TNI.
  • Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan organisasi Sesko TNI.
  • Menyelenggarakan sistem dan metode pendidikan Sesko TNI.
  • Menyelenggarakan evaluasi dan menyiapkan laporan hasil pengkajian.

d. Dirkersamik Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati TNI bintang satu, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyiapkan dan menelaah secara konsepsional dan ilmiah masalah-masalah kerjasama akademik bidang militer baik dalam negeri maupun luar negeri.
  • Mengadakan koordinasi dengan Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Sesko TNI.
  • Memberikan saran dan masukan yang berkaitan dengan kerjasama bidang akademik kepada Dansesko TNI, baik diminta atau inisiatif sendiri.

e. Direvbang Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati TNI berpangkat Bintang Satu, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan evaluasi dan pengembangan latihan gabungan.
  • Menyelenggarakan evaluasi dan pengembangan pendidikan serta kerjasama akademik.
  • Menyelenggarakan evaluasi dan pengembangan manajemen.
  • Menyelenggarakan sinkronisasi kegiatan evaluasi dan pengembangan sesuai bidangnya.

f. Seslem Sesko TNI, dijabat oleh seorang Kolonel, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyusun rencana dan program penataan administrasi umum sesuai Jukminu yang berlaku.
  • Meneliti bentuk surat dan redaksional atas konsep-konsep tulisan dinas yang diajukan oleh para pejabat Sesko TNI yang akan ditanda-tangani Pimpinan Sesko TNI.
  • Membina arsip Sesko TNI meliputi pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, penyajian kembali dan penghapusan arsip.
  • Melaksanakan registrasi ekspedisi dan distribusi surat/tulisan dinas yang masuk dan keluar.
  • Menyelenggarakan pencatatan/tulisan dinas dan mengendalikan kegiatan surat menyurat baik masuk maupun keluar.
  • Mengadakan/memperbanyak surat-menyurat/tulisan dinas dari luar maupun dari dalam lembaga untuk didistribusikan sesuai kebutuhan.
  • Memproduksi surat undangan, edaran dan pengiriman untuk kegiatan rapat, upacara pembukaan/penutupan pendidikan, seminar dan yang ada kaitannya dengan kegiatan lembaga.
  • Menyelenggarakan dan mengatur pengiriman surat-surat tulisan dinas ke luar lembaga meliputi; Pos TNI, PT. Pos Indonesia, caraka dan faksimile.

3.      Eselon pelayanan

a. Kapustaka Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Kolonel, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pembinaan perpustakaan.
  • Menyelenggarakan pengadaan buku, majalah dan kliping Koran untuk kebutuhan referensi.
  • Menyelenggarakan kursus-kursus bahasa sesuai dengan kebutuhan.
  • Melaksanakan pemeliharaan, pengoperasian dan pengembangan laboratorium bahasa.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pengoperasian internet dan LAN.

b.        Dandenma Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Letkol, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut  :

  • Memberikan laporan dan saran kepada Komandan Sesko TNI melalui Dirmin mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan bidangnya.
  • Menentukan kebijaksanaan dan mengambil keputusan dalam rangka memimpin Denma Sesko TNI, guna menjamin terselenggaranya fungsi Denma.
  • Mengkoordinasikan, mengawasi dan memberikan pengarahan terhadap penyelenggaraan fungsi pelayanan Denma.
  • Melaksanakan tugas lain yang dibebankan oleh Komandan Sesko TNI.

c. Kapusoyu Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Kolonel, mempunyai tugas kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya.
  • Menjabarkan tugas dan fungsi Pusat Olah Yudha dalam wadah pendidikan di Sesko TNI.
  • Merencanakan kebutuhan logistik dan anggaran dalam pengoperasian, pemeliharaan dan pengembangan peralatan Olah Yudha.
  • Mengkoordinir peningkatan kemampuan personel dalam pelaksanaan Olah Yudha.
  • Mengkoordinir penyiapan perangkat keras dan lunak peralatan Pusoyu.
  • Mengevaluasi dan menilai dukungan peralatan wargaming system pelaksanaan Olah Yudha.
  • Membuat laporan dan pertanggung jawaban kesiapan peralatan dalam pelaksanaan Olah Yudha.

d. Kepala Kesehatan Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Letkol, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Melaksanakan pelayanan kesehatan terhadap anggota dan keluarga Sesko TNI.
  • Melaksanakan pelayanan kesehatan terhadap Pasis dan keluarganya.
  • Melaksanakan dukungan dalam pembinaan kesamaptaan jasmani, uji badan dan kesehatan jiwa bagi anggota dan Pasis Sesko TNI

4.      Eselon pelaksana

a. Kadep Faljuang Sesko TNI, dijabat oleh seorang kepala berpangkat Kolonel, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang materi akademis/bidang studi maupun bahan ajaran sesuai fungsi Departemen Faljuang.
  • Membuat program pengajaran di bidang fungsi Departemen Faljuang sesuai denga tujuan pendidikan dan tujuan kurikulum.
  • Menyiapkan, mengevaluasi dan mengembangkan bahan ajaran yang diperlukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengembangan dan teknologi agar bahan ajaran tetap valid guna keperluan operasional pendidikan.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan persiapan para dosen baik organik maupun non _rganic untuk menyajikan pelajaran materi akademis atau bidang studi Departemen Faljuang.
  • Menyusun program dan menyelenggarakan administrasi serta dokumen materi ajaran atau bidang studi yang ada di Departemen Faljuang.
  • Mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan tugas-tugas Departemen Faljuang.
  • Menyelenggarakan Seminar Sekolah bagi Pasis Dik Sesko TNI.
  • Mengkoordinasikan penyelenggaraan Pekan Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan Pasis Dikreg antar Sesko Angkatan dan Sesko TNI.

 

b. Kadep Lingiptek Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen berpangkat Kolonel, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang materi akademis/bidang studi maupun bahan ajaran sesuai fungsi Departemen Lingiptek.
  • Membuat program pengajaran dibidang fungsi Departemen Lingiptek sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan kurikulum.
  • Menyiapkan, mengevaluasi dan mengembangkan bahan ajaran yang diperlukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar bahan ajaran tetap valid guna keperluan operasional pendidikan.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan persiapan para dosen baik organik maupun non organik untuk menyajikan pelajaran materi akademis atau bidang studi Departemen Lingiptek.
  • Menyusun program dan menyelenggarakan administrasi serta dokumen materi ajaran atau bidang studi yang ada di Departemen Lingiptek.
  • Mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan tugas-tugas Departemen Lingiptek.
  • Menyelenggarakan pembuatan, pengujian serta penilaian Karya Tulis bagi Pasis.
  • Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan setelah selesai penutupan pendidikan.

 

c. Kadepstra Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Kolonel, mempunayi tugas kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang materi akademis/bidang studi maupun bahan ajaran sesuai fungsi Departemen Strategi.
  • Membuat program pengajaran dibidang fungsi Departemen Strategi sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan kurikulum.
  • Merencanakan dan menyusun mata pelajaran BS. Strategi dalam rangka penyusunan kurikulum dan perangkat kendalai pendidikan lainnya.
  • Mencari Dosen/pengajar MP, menyiapkan Surat permintaan Mengajar (SPM) dan mengkonsultasikan pelaksanaan penyajian tiap mata pelajaran.
  • Menyiapkan, menyusun dan membina naskah sekolah dan referensi untuk BS. Strategi.
  • Menyiapkan, menyusun dan menyampaikan lembar pendahuluan, lembar penugasan dan lembar pengarahan Patun.
  • Mengkoordinasikan lembar penugasan dengan Dosen terkait dan Patun, sebelum disampaikan kepada Pasis/Peserta Kursus
  • Memantau pelaksanaan penyajian dan mata pelajaran dan diskusi.
  • Memeriksa dan menilai hasil karya Pasis/Peserta kursus.
  • Mengevaluasi efektivitas penyajian mata pelajaran dalam BS. Strategi, dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.
  • Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan penyajian mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Komandan Sesko TNI.

 

d. Kadepops Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Kolonel, mempunyai tugas kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang materi akademis/bidang studi maupun bahan ajaran sesuai fungsi Departemen Operasi.
  • Membuat program pengajaran dibidang fungsi Departemen Operasi sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan kurikulum.
  • Menyiapkan, mengevaluasi dan mengembangkan bahan ajaran yang diperlukan sesuai dengan perkembangan situasi agar bahan ajaran tetap valid guna keperluan operasional pendidikan.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan persiapan para dosen baik organik maupun non organik untuk menyajikan pelajaran materi akademis atau mata kuliah Departemen Operasi.
  • Menyusun program dan menyelenggarakan administrasi serta dokumen materi ajaran atau mata kuliah yang ada di Departemen Operasi.
  • Mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan tugas-tugas Departemen Operasi.

 

e. Kadeplat Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Kolonel, mempunyai tugas kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang materi akademis/bidang studi maupun bahan ajaran sesuai fungsi Departemen Latihan.
  • Membuat program pengajaran dibidang fungsi Departemen Latihan sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan kurikulum.
  • Menyiapkan, mengevaluasi dan mengembangkan bahan ajaran yang diperlukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar bahan ajaran tetap valid guna keperluan operasional pendidikan.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan persiapan para dosen baik organik maupun nonorganik untuk menyajikan pelajaran materi akademis atau bidang studi Departemen Latihan.
  • Menyusun program dan menyelenggarakan administrasi serta dokumen materi ajaran atau bidang studi yang ada di Departemen Latihan.
  • Mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan tugas-tugas Departemen Latihan.

 

f. Kadep Minjemen Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pamen TNI berpangkat Kolonel, mempunyai Tugas dan Kewajiban sebagai berikut :

  • Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Komandan Sesko TNI mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang materi akademis/bidang studi maupun bahan ajaran sesuai BS. Administrasi dan Manajemen.
  • Membuat program pengajaran di bidang fungsi Departemen Minjemen sesuai dengan tujuan pendidikan dan tujuan kurikulum.
  • Menyiapkan, mengevaluasi dan mengembangkan bahan ajaran yang diperlukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar bahan ajaran tetap valid guna keperluan operasional pendidikan.
  • Merencanakan, mengkoordinasikan dan mencari Dosen/pengajar organik maupun nonorganik untuk menyajikan pelajaran materi akademis atau BS. Administrasi dan manajemen, menyiapkan Surat Permintaan Mengajar (SPM) dan mengkonsultasikan pelaksanaan penyajian tiap mata pelajaran.
  • Menyiapkan, menyusun dan membina naskah sekolah dan referensi yang berkaitan dengan BS. Administrasi dan Manajemen.
  • Menyiapkan, menyusun dan menyampaikan lembar pendahuluan, lembar penugasan dan pengarahan Patun.
  • Mengkoordinasikan lembar penugasan dengan Dosen terkait dan Patun, sebelum disampaikan kepada Pasis/Peserta Kursus.
  • Memantau pelaksanaan penyajian dan mata pelajaran dan diskusi.
  • Memeriksa dan menilai hasil karya Pasis/peserta kursus.
  • Mengevaluasi efektivitas penyajian mata pelajaran dalam BS. Minjemen, dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.
  • Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan penyajian mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Komandan Sesko TNI.
  • Kadep Minjemen bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Komandan Sesko TNI dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Dirdikjar.

 

g. Kakordos Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati bintang satu, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Merumuskan dan menyiapkan upaya peningkatan mutu materi pelajaran.
  • Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan tugas mengajar dalam proses belajar mengajar.
  • Menyelenggarakan bimbingan dan pemeliharaan disiplin Dosen Sesko TNI dalam kegiatan sehari-hari.
  • Mengkoordinasikan dengan Kepala Departemen dalam menentukan dosen organik maupun nonorganik sesuai materi yang akan diajarkan.
  • Melaksanakan evaluasi dan penilaian para Dosen dalam kualitas dan melaporkan kepada Komandan Sesko TNI.
  • Menyiapkan dan menyelenggarakan standarisasi Dosen organik Sesko TNI.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Komandan Sesko TNI.

 

h. Dankorsis Sesko TNI, dijabat oleh seorang Pati TNI bintang satu, mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

  • Merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan kegiatan yang berkenaan dengan bimbingan dan pengasuhan Perwira Siswa dalam kegiatan pendidikan sehari-hari.
  • Menyelenggarakan pemeliharaan disiplin, dan tata tertib para Perwira Siswa selama pendidikan.
  • Melaksanakan pengasuhan, pengamatan, dan penilaian para Perwira Siswa dalam aspek kepribadian dan kesamaptaan jasmani.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengembangan dan peningkatan kualitas Pasis melalui kegiatan kurikuler dan nonkurikuler.
  • Menyelenggarakan kegiatan administrasi Perwira Siswa.
  • Menyelenggarakan penataran bagi istri Pasis sebelum berakhirnya pendidikan.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Dansesko TNI.