Metode Pengajaran

Home » Metode Pengajaran

METODE TERDIRI DARI BEBERAPA PENTAHAPAN PENDIDIKAN
Operasional Susreg sesko TNI dilaksanakan ke dalam 3 (tiga) tahap, meliputi :
Tahap I

  • Tahap I selama + 10 Minggu (371 JP), dititik beratkan pada Mata Pelajaran Kepemimpinan dan Kejuangan, dengan metode Kuliah, Diskusi Pemecahan Persoalan dan diakhiri dengan penulisan Karya Tulis Singkat ( tugas terstruktur ) 20-25 halaman, 10 Kertas Karya Acuan (KKA) dan 10 kali Diskusi.

Tahap II

  • Tahap II + 10 Minggu (371 JP), dititik beratkan pada Mata pelajaran Manajemen dan strategi untuk mencapai kemampuan perencanaan Strategis pertahanan negara, dengan metode Kuliah, Diskusi Pemecahan Persoalan, Diskusi Pendalaman dan Geladi Waskita Dharma, Geladi Yudha Dharma, serta sebagai puncaknya adalah penyusunan Karya Tulis Singkat (Tugas Terstuktur) 20-25 halaman, 6 KKA dan 6 Diskusi.

Tahap III

  • Tahap III selama + 11 Minggu (398 JP), dititik beratkan pada Mata Pelajaran Operasi Gabungan dengan metode Kuliah, Diskusi Studi Kasus, Diskusi Aplikasi dan Geladi Kriya Yudha, 2 KKA, 2 Diskusi dan seminar.( Setiap melaksanakan diskusi selalu dalam hubungan kelompok (9-10 Pasis) dibimbing dan diawasi oleh dua orang Dosen yang bertindak sebagai patun).

 

PROGRAM KHUSUS SUSREG SESKON TNI
Geladi Waskita Dharma
Geladi Waskita Dharma (dilaksanakan di Markas Kotama Ops) dengan tujuan adalah mengembangkan kemampuan dan ketrampilan Pasis dalam menyusun Rencana menghadapi Kontinjensi (Renkon) dan Rencana Operasi (Renops) Kotama Ops Fungsional / Kewilayahan TNI.

Geladi Yudha Dharma
Geladi Yudha Dharma ( Di laksanakan di Mabes TNI) dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Pasis dalam menyususn Rencana Yudha TNI (Renyudha TNI) untuk menghadapi ancaman nyata pada periode tertentu (1-2 tahun ke depan).

Geladi Krida Yudha
Geladi Krida Yudha ( di laksanakan di Kampus Sesko TNI) dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan Pasis dalam mengaplikasikan perencanaan Operasi Gabungan dalam suatu kampanye Militer pada tingkat Mandala Peerang.

Kuliah Kerja Dalam Negeri
Kuliah kerja dalam negeri dan Geladi Bina Wilayah dengan tujuan mengaplikasikan Bidang Studi Manajemen dan Strategi yang telah diperoleh di kelas kedalam kondisi nyata di lapangan guna menyusun konsep strategis “Penataan Pertahanan Wilayah Daerah Operasi”, yang ditunjang dengan ” Pengembangan Sumber Daya ” yang tersedia, sebagai sumbangan pemikiran kepada pemerintah ( Dephan ), Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Metode yang digunakan adalah Survey, penelitian dan analisis terhadap aspek-aspek ASTA GATRA di daerah Propinsi tertentu.

Kuliah Kerja Luar Negeri
Kuliah kerja luar negeri dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas cakrawala pandang Pasis terhadap Sistem Pertahanan Nasional dari Negara Asia /Asean yang dikunjungi, untuk selanjutnya dilaksanakan pengkajian sejauh mana pengaruhnya terhadap Sistem Pertahanan Negara Republik Indonesia.

KARYA TULIS

Karya Tulis Perorangan
Adalah karya-karya tulis yang dihasilkan dan menjadi milik lembaga, sebagai perbendaharaan lembaga, karya tulis dapat dipergunakan sebagai acuan oleh setiap pihak yang memerlukannya sepanjang belum ada bukti-bukti lain yang menggugurkan kebenaran penemuan konsepsi yang ditulis dalam karya tulis perorangan.

Tugas Terstruktur
Merupakan karya tulis yang harus dibuat oleh para Pasis sebagai rangkuman dari bidang Studi yang diberikan pada setiap tahap yang berisi konsep, ide dan gagasan yang berkaitan dengan Bidang studi tersebut.

Seminar
Seminar merupakan puncak kegiatan Pasis Susreg Sesko TNI, dengan tujuan agar Pasis mampu memecahkan persoalan hasil Analisa masalah sesuai tema, melalui Diskusi Ilmiah sehingga menghasilkan naskah yang utuh, sistematis dan berkualitas.