SESKO TNI - TEGAK AMALKAN SAPTA MARGA

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL DI SESKO TNI

 

Humaskol Sesko TNI, Bandung, Kamis (21/3).  Komandan Sesko TNI Laksamana Madya TNI Deddy M. Pribadi, S.H., M.A.P., menyambut baik Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal  21 Februari 2019. Dalam amanatnya Komandan Sesko TNI yang dibacakan oleh Kakordos Sesko TNI Brigadir Jenderal TNI Darlan Harahap, S.IP., mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Negara Lingkungan Hidup Tanggal 21 Februari 2006 dan Surat Telegram Panglima TNI Nomor ST/244/2019 tanggal 18 Februari 2019 tentang perintah untuk melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

Lebih lanjut, Komandan Sesko TNI menyampaikan sejarah HPSN ini berawal dari terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005. Dimana penyebab longsor tersebut, diduga karena curah hujan yang sangat tinggi serta ledakan gas metana yang terperangkap dalam timbunan sampah sehingga longsoran gunungan sampah tersebut menelan korban lebih dari 150 jiwa yang bekerja sebagai pemulung.

Tema Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019  yaitu “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.

Pada akhir amanatnya Komandan Sesko TNI berharap, Sesko TNI dan lingkungan masyarakat sekitarnya dapat menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Tandasnya.

Salah satu program pemerintah kota bandung yang harus kita dukung dalam memerangi sampah yaitu Kang Pisman (kurangi, pisahkan, manfaatkan). Program tersebut diharapkan dapat menjadi budaya baru masyarakat kota bandung sebagai salah satu upaya mengurangi sampah.

Upacara HPSN di Sesko TNI ini, dihadiri juga masyarakat sekitar lingkungan Sesko TNI. Adapun kegiatan terkait Hari Peduli Sampah Nasional di Sesko TNI antara lain melaksanakan pembersihan saluran air, mendaur  ulang sampah plastik dan mengurangi penggunaan kantong plastik.