SESKO TNI - TEGAK AMALKAN SAPTA MARGA

CERAMAH “AGILITY LEADERSHIP” OLEH KASUM TNI KEPADA PARA PERWIRA SISWA DIKREG SESKO TNI ANGKATAN KE XLV TA. 2018

 
   

Humaskol Sesko TNI. Pada hari Selasa 15 Mei 2018 Kepala Staf Umum TNI, Laksamana Madya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Hadir memberikan ceramah kepada para Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan ke XLV TA. 2018 di Gedung Graha Widya Adhibrata Sesko TNI.

Beliau memberikan ceramah dengan judul  “Agility Leadership”, adapun materi yang disampaikan adalah :

    • Pengertian Agility Leadership dan Leadership Agility
    • Pemahaman lima tingkat kemampuan Agility Leadership dan Leadership Agility
      1. Kepemimpinan dasar (right/hak)
      2. Perkenanan (relationships/hubungan)
      3. Produktivitas (result/hasil)
      4. Mengembangkan orang (reproduction/reproduksi)
      5. Puncak kepemimpinan (respect/rasa hormat)
    • Penilaian dan pengembangan Agility Leadership dan Leadership Agility, serta
    • Penerapan Agility Leadership dan Leadership Agility

     

     
       

    Dalam ceramahnya Kasum TNI menjelaskan bahwa “untuk mampu merespon dan menyikapi perubahan, maka gaya atau model kepemimpinan tidak dapat lagi disamakan di era sebelumnya. Diperlukan Pemimpin dengan semangat ketangkasanya yang memiliki : Mentalitas baja, mampu bergerak cepat dan mampu membaca perubahan lingkungan strategis dengan hadirnya ancaman kontemporer yang bersifat asimetrix, proxy dan hybrid. Berani melakukan perubahan dan mampu memecahkan kompleksitas permasalahan dengan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Sehingga ketangkasan, kecepatan dan kecermatan serta kemampuan internal menjadi sangat penting untuk dibangun secara terus menerus agar kelak organisasi kita mampu merespon perubahan dengan tangkas, efektif, tepat waktu dan kosisten serta berkelanjutan.”

    Pada akhir ceramahnya Kasum TNI menambahkan bahwa “berani melakukan perubahan yang lebih baik adalah kata kunci yang harus diimplementasikan secara cerdas dan bijak, dengan tidak mengedepankan versi dan selera, serta tidak bersifat instan, namun berkelanjutan untuk kepentingan kemajuan organisasi demi menyongsong hari esok yang lebih baik.”

    Inilah penerapan Agility leadership dan Leadership Agility menurut Kasum TNI sebagai formula efektif kekinian yang harus dikembangkan para perwira siswa Dikreg XLV 2018, seraya berpesan  “ingat, dipundak kalianlah kemajuan TNI kedepan”, demikian ceramah yang disampaikan oleh Kasum TNI kepada Pasis Dikreg XLV TA. 2018.