SESKO TNI - TEGAK AMALKAN SAPTA MARGA

LAPORAN KORPS SERAH TERIMA JABATAN DIRBINJEMEN SESKO TNI, KADEP OPERASI DAN KADEP LATIHAN SESKO TNI

Komandan Sesko TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn.,menyematkan tanda jabatan kepada Dirbinjemen Sesko TNI yang baru Kolonel Inf Syarifudin Harahap, S.H.,pada acara Sertijab Dirbinjemen Sesko TNI di Gedung Serasan Sesko TNI, Bandung, Kamis (26/10). (Foto Dok Sesko TNI/ Serka Suyatma).

Humaskol Sesko TNI. Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI (Sesko TNI) Letnan Jenderal  TNI  (Mar) R. M. Trusono, S.Mn., bertindak selaku pimpinan  acara pada Laporan Korps Serah Terima Jabatan Direktur Pembinaan Manajemen (Dirbinjemen) Sesko TNI dari Brigjen TNI Guruh Raharjo Manaf, S.E., kepada Kolonel Inf Syarifudin Harahap, S.H, Jabatan Kadep Operasi diserah terimakan dari Kolonel Inf Syarifudin Harahap, S.H kepada Kolonel Inf Dwi Yanto Budi P, S.IP dan jabatan  Kadep Latihan dari Kolonel Inf Dwi Yanto Budi P, S.IP diserahterimakan kepada Kolonel Inf Ahadi Martanto, di Gedung Serasan Sesko TNI Bandung, pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017.

Komandan Sesko TNI dalam amanatnya menjelaskan bahwa Sesko TNI sebagai bagian dari institusi TNI senantiasa berbenah diri dan melaksanakan penyegaran di bidang personel berupa Tour of Duty dan Tour of Area ( TOA/TOD). Hal ini berkaitan erat dengan pembinaan personel dalam rangka meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kualitas dalam melaksanakan tugas Sesko TNI.

Lebih lanjut dikatakan dari aspek pembinaan personel, pergantian pejabat dimaksudkan untuk memberikan kesejahteraan prajurit yang memiliki dedikasi yang baik serta kompetensi yang dibutuhkan dalam sebuah jabatan.

Dirbinjemen Sesko TNI sebagai pembantu utama Komandan Sesko TNI dalam tugas dan kewajibannya merencanakan dan menyusun kurikulum pendidikan, menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan organisasi serta menyelenggarakan sistem dan metode pendidikan Sesko TNI. Berdasarkan rumusan tugas tersebut dapat dipahami bahwa tugas dan kewajiban Dirbinjemen cukup strategis yaitu melaksanakan manajemen pendidikan dan manajemen organisasi. Sedangkan Departemen Operasi dan Latihan merupakan pembantu Komandan Sesko TNI dalam menyelenggarakan kegiatan dibidang studi yang berkenaan dengan pengetahuan bidang operasi dan klatihan. Mencermati hal tersebut dibutuhkan perwira yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas disertai disiplin dan semangat kerja yang tinggi guna mendukung terwujudnya visi Sesko TNI, sebagai  Centre of Excellence”(Pusat Keunggulan) yaitu membentuk perwira  TNI yang handal, profesional dan proporsional yang berkelas dunia.

Selanjutnya Komandan Sesko TNI berharap, dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman kedinasan yang dimiliki selama ini akan sangat membantu dalam melaksanakan tugas yang baru.   Para pejabat baru agar dapat mengimplementasikan potensi yang dimiliki guna keberhasilan tugas Sesko TNI ke depan yang lebih baik.

Setelah acara serah terima jabatan dilanjutkan dengan acara tradisi penerimaan dan pelepasan personel Sesko TNI yang diawali dengan laporan personel yang akan diterima dan dilepas, kemudian pernyataan resmi penerimaan dan pelepasan oleh Komandan Sesko TNI, selanjutnya mengisi buku pesan dan kesan, serta penghormatan kepada Pusara Sesko TNI “Tegak Amalkan Sapta Marga”.  Tradisi ini bertujuan agar tercipta hubungan yang harmonis dan berkesinambungan antara individu maupun satuan dalam rangka membangun kebersamaan yang solid dilingkungan Sesko TNI khususnya dan TNI umumnya.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Sesko TNI Marsekal Muda TNI Herry Irsal, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang  BS III Sesko TNI Ibu Erna R.M. Trusono,  Para Direktur, Kakardos, Komandan Korsis, Para Kadep, Kapusoyu, Para Paban, Dosen dan Patun Sesko TNI.